budidaya ikan koki

ikan mas koki merupakan ikan dari golongan ikan mas yang memiliki bentuk tubuh bulat (biasanya disebut koki mutiara) dengan kepala yang kecil dan ekor yang lebar sampai membuat ikan ini sulit untuk berenang dengan gesit. ikan ini memiliki warna yang beraneka ragam, ada yang kuning, putih, hitam, dan jingga. ikan mas koki biasanya dibudidayakan untuk dijual sebagai ikan hias bukan ikan konsumsi. ikan hias ini memiliki harga yang cukup baik, dimana pangsa pasar ikan ini bukan hanya indonesia tapi banyak di ekspor ke
malaysia, thailand filiphina sampai negri cina serta negara-negara eropa.
untuk membudidayakan ikan ini terlebih dahulu harus mengetahui cara memijah ikan ini, berikut ini adalah cara memijahnya:
1. pemilihan induk:
 a. induk yang baik dan siap dipijah memiliki panjang tubuh mencapai 7 cm (minimal) atau sebesar telur bebek dan memiliki umur lebuh dari 7 bulan.
 b. bilih yang bertubuh bagus, dengan ekor yang lebar, sirip yang tegak saat bergerak, kepala kecil dan sisik yang indah atau tidak rontok.
 c. untuk mendapatkan anakan yang berwarna, maka induk harus memiliki tubuh yang polos tapi berbeda antara jantan dan betina, misalnya betina berwarna putih jantan berwarna kuning.
2. cara memijah:
 a. akuarium atau kolam yang bersih diberi air lalu diendapkan kira-kira satu hari satu malam, kemudian taruh eceng gondok di dalamnya untuk melekatkan telur.
 b. pilih induk yang telah matang telur lalu dimasukkan dalam kolam pemijahan pada sore hari, biasanya keesokan pagi telur sudah menempel pada eceng gondok.
 c. lalu induk bisa dipindahkan ke kolam penampungan induk untuk kemudian dipijahkan 1 bulan lagi. biarkan telur sampai menetas, jaga agar tidak terkena suhu yang terlalu ekstrim dan jauhkan dari hewan pemangsa yang ada.
3. pemeliharaan benih:
 a. setelah 2 sampai 3 hari maka telur akan menetas, pada hari ke 3 benih ikan sudah dapat di beri makan berupa kutu air yang telah  kita saring.
 b. setelah berumur 15 hari, benih mulai bisa diberi makan cacing rambut sebagai tambahan kutu air.
 c. jaga ketinggian air 10 - 15 cm dengan pergantian air satu minggu sekali, air diganti dengan air yang diendapkan lebih dahulu.
 d. gunakan eceng gondok untuk melindungi benih dari sinar matahari yang terik.
4. pembesaran:
 a. pembesaran dilakukan setelah benih berusia 1 bulan
 b. pada saat pembesaran akan memerlukan banyak sinar matahari, maka eceng gondok dikurangi
 c. makanan masih berupa cacing rambut, diberikan pagi hari...jika ada sisa sore harinya diangkat
 d. setelah usia ikan 4 bulan lebih, maka ikan sudah dikatakan calon induk, ikan jantan dan betina bisa dipisahkan untuk dipijah pada usia 8 bulan.

Artikel Terkait ikan hias

14 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. mohon info untuk mendapatkan indukan koki (segala jenis) yang bagus.
    contact: sugama (085737145573)
    email: susukaleyo@gmail.com

    ReplyDelete
  3. Bagi para pembenih ikan di Jawa Tengah dan sekitarnya yang membutuhkan produk-produk untuk pembenihan ikan seperti Ovaprim, Artemia, Spirulina dan Probiotik bisa menghubungi saya di No HP. 0812 2841 280.
    Yanto di Pemalang, Jawa Tengah.
    Tersedia juga pakan-pakan untuk pembenihan udang al : Spirulina, Artemia, BP TOP, Flake TOP, Japonicus, Seagrass Powder, Top Minigrain, Vitamin C, EDTA dll.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  4. tuh ada info untuk usaha kolam ikan di jawa tengah.....sapa lg yang mau ikut gabung :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku nomer hpku adalah 081328496034

      Delete
  5. kalo ingin tau jantan dan betina gmn ya gan?

    ReplyDelete
  6. dari diri-ciri fisiknya bos,,,biasanya yang betina lebih gendut

    ReplyDelete
  7. dari diri-ciri fisiknya bos,,,biasanya yang betina lebih gendut

    ReplyDelete
  8. kalo pengen tahu ikan sudah siap jadi indukkan gimana kang?
    kemudian akuarium apakah perlu pakek filter? mengingat ikan koki saya gampang mati jika filter tidak di hidupkan.
    trim's

    ReplyDelete
  9. sayacari indukan jenis mutiara tikus dan rhancu, 2 betina 4 jantan jadi 12 ekor untuk 2 jenis mas koki itu, tolng hub saya 081327168662

    ReplyDelete
  10. saya mencari indukan mas koki jenis rhancu, dan burayak maskoki jenis mutiara, sms saya di 081372168662

    ReplyDelete
  11. IKAN KOKI

    Kami petani ikan mas koki dari Sleman-Yogyakarta yang sudah berpengalaman. Kami menjual induk dan benih ikan koki berbagai ukuran. Melayani pengiriman keluar kota dan luar pulau. Alamat : Jl. Kaliurang Km 13,5 Sleman-Yogyakarta.
    Bibit koki yang kami hasilkan adalah bibit koki berkualitas tinggi dan telah melalui proses seleksi breding yang ketat, untuk kwalitas warna sudah tidak perlu diragukan lagi karena ikan yang kami jual sudah melalui tahap sortir warna dan pola. Berikut kami informasikan data dari tempat usaha pembibitan kami :
    Corak : Oranda, Tosa,
    Great : A dan B
    Pemijahan : Alami
    Pengairan : Mata air tersirkulasi
    Kolam : Fiber dan Semen
    Pengangkutan:Dikemas dlm kotak styrofoam penahan panas, tahan sampai 17 jam.
    Kota tujuan : Medan, Pekanbaru, Jambi, Palembang, Padang, Bengkulu, Lampung, Batam, Tanjung pinang, Tanjung pandan, Pangkal pinang, Balikpapan, Banjarmasin, Palangkaraya, Tarakan, Berau, Pontianak, Ketapang, Sintang, Makasar, Luwuk, Palu, Kendari, Gorontalo, Manado, Bali, Labuan bajo, Tambolaka, Waingapu, Kupang NTT, Ternate, Sorong, Manokrawi, Jayapura dan kota-kota lainnya
    Kapasitas pengiriman :
    UKURAN : KAPASITAS / BOX :
    2 cm : 1000 ekor
    3 cm : 750 ekor
    4 cm : 500 ekor
    5 cm ( S ) : 300 ekor
    6 cm ( M ) : 250 ekor
    7 cm ( L ) : 200 ekor
    8 cm ( XL) : 150 ekor
    Induk : 50 ekor
    Untuk informasi harga murah berkualitas dan konsultasi teknik budidaya silahkan contak person Fadli 085753563403 / 081227354545, atau datang langsung ke lokasi pembibitan kami UD.Nabila Farm di Jl.Kaliurang Km 13,5 Sleman-Yogyakarta (10 meter selatan Honda AHASS). Kami memberikan garansi ikan selamat sampai ke tujuan.
    Datang….Lihat dan tentukan keputusan yang terbaik bagi anda…..
    Pin BB : 22863B3D

    ReplyDelete